Minggu, 21 September 2014

Mau usaha tak punya modal..?gunakan daya ungkit

Ketika seseorang hendak menjalankan suatu usaha,hal yang umum dijumpai adalah terkendala dengan modal..

Nah disini mari kita bahas darimana kita bisa mendapat modal/pinjaman modal usaha ;

1.Keluarga
Ketika kita akan menjalankan suatu usaha tentu keluargalah yang pertama kita beri tau.Karna keluarga sangat berpengaruh besar dalam dukungan usaha.
Selain itu,keluarga bisa kita jadikan sebagai donatur/investor kita.

Disaat usaha terkendala modal,keluarga kita terlebih dulu yang harus kita ajak kerjasama,mulai dari ayah/ibu,mertua,soadara kandung,dan istri.

2.Teman
Sbagai mahluk sosialisasi,tentu kita banyak kenalan/teman.Kenapa tidak kita masukan saja teman kedalam usaha yang akan kita jalankan..?(maksudnya dalam daftar investor).
Memang agak sulit mengajak teman melakukan investasi pada kita.Namun disinilah sebenarnya kita diuji dalam melakukan penawaran/negosiasi.
Tentu saja jika dapat dana dari teman perhitungan bagi hasil bisa dijalankan lebih santai.

3.Pinjaman dana Tunai
Mmm..jika kedua cara diatas masih gagal maka kita bisa juga mencoba yang satu ini.Biarpun syara-syarat yang diberikan berupa agunan,tapi sudah banyak yang memberikan bunga yang rendah & tak kalah dari bank.Tapi yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih pinjaman/pendana.

4.Bank

Takut berhadapan dengan bank..?
Atau belum pernah melakukan pinjaman ke bank..?
Maka anda perlu mencobanya..tidak perlu takug meminjam ke bank,sekalipun pinjaman anda di tolak,toh anda tetap diberikan pelayanan yang baik.
Bank memang sulit mengeluarkan dana jika peminjam mempunyai rapor merah.Tapi jika tidak punya y ga usah khawatir.
Bank akan memberikan pinjaman,tapi dengan berbagai penilaian/kelayakan peminjam terlebih dulu.Nah jika memenuhi kelayakan maka anda bisa dapat pinjaman.
Tapi selalu ingat jika anda ingin dipercaya bank,dan ingin menjadikan bank sebagai mitra usaha anda salah satunya adalah bayarlah angsuran tepat waktu.
Karna bank bisa jadi teman & bisa jadi musuh jika anda tidak bijak menjalankan aturannya.



Gunakanlah pinjaman pada usaha yang benar-benar memberi potensi penghasilan yang cukup,setidaknya untuk pengeluaran bagi hasil/angsuran dan modal pembelanjaan barang.
Dalam sebuah usaha,apalagi modal yang didapat hasil dari pinjaman,maka jangan lebih tergiur memiliki untung besar.tapi fokuslah pada pengembalian modal dan pembelian kembali barang,karna sebenarnya jika anda berhasil mengembalikan modal maka anda berhasil membangun usaha tanpa modal,dan lebih untung memiliki usaha yang terus berjalan.

Take action.... :)

Sabtu, 20 September 2014

Jadi Karyawan atau Wirausaha

Begitu banyak yang melontarkan pertanyaan seperti itu..
Lalu apa jawaban yang baik..?

Menjadi karyawan atau wirausaha itu hakikatnya kembali lagi pada diri kita pribadi.Karna tidak semua orang mempunyai jiwa wirausaha dan lebih menjadi karyawan.

Namun jika kita ingin keluar dari tekanan dan menjadi bos bagi diri sendiri,tanpa perlu khawatir kena marah karna telat datang ketempat kerja,kerjaan belum beres,dll,maka menjadi wirausaha adalah pilihan yang tepat.

Memang kita perlu terlebih dulu menyiapkan segalanya,mulai dari menanamkan jiwa wirausaha pantang menyerah,percaya diri,modal,dan siap menerima segala resiko.

...Lalu usaha apa yang mempunyai perputaran lancar..?
Sampai saat ini dan sampai seterusnya usaha/bisnis makananlah yang mempunyai prospek bagus..
Kenapa makanan..?Tentu karna setiap hari manusia memerlukan makan..

Pernahkah anda lihat tukang nasi goreng sepi..?atau dagannya tidak laku..?
Survei saya,semua penjual nasi goreng baik yang keliling maupun yang sewa tempat,jualan mereka selalu ludes....Karna apa ? Karna di zaman sekarang aktivitas bukan hanya dari pagi-malam,tapi pagi-pagi dan seterusnya seperti itu,sehingga kebutuhan makan pun meningkat.

Jadi anda masih ragu menjadi seorang wirausaha..?
Saya kasih cerita dehh biar tambah semangat jadi wirausaha nya...

Masih seputar tukang nasi goreng,tapi..x ini tukang nasi goreng ini akan saya bandingkan penghasilannya dengan seorang pegawai bank swasta yang gaji nya rp.5000.000/bulannya,dan akhirnya memilih menjadi seorang wirausaha nasi goreng..

Seoarang pedagang nasi goreng bisa menjual 50 porsi nasi goreng,20an kwetiaw,15 mi goreng,dalam semalam,dan itu baru dihitung paitnya saja.
Sekarang mari kita hitung ;
50 nasi goreng × 10.000= 500.000
20 kwetiaw × 10.000=200.000
15 mi goreng × 10.000=150.000

TOTAL RP.850.000 - biaya/modal jualan 400.000=rp.450.000 nett/hari × 27 hari=12.150.000 - sewa tempat/bulan=350.000=11.800.000 nett/bln.

Maka tak heran jika pegawai bank tadi lebih memilih berwirausaha,dan malah jualan nasi goreng juga.Tapi berkat konsep dan cita rasa yamg berbeda,mantan pegawai bank ini bisa mempunyai omzet lebih bagus lagi...


Sebenarnya banyak sekali kisah sukses wirausaha kecil tapi untung tidak kecil semacam ini..Tapi seberapa beranikah anda mengambil 'RESIKO DAN PELUANG'...?


....USAHA APA YANG BAGUS...?TANYA SESEORANG PADA PENGUSAHA KECIL TANPA MODAL DAN SEKARANG MENJADI ORANG TERNAMA DI INDONESIA "BOB SADINO".


JAWABAN ; USAHA YANG DIJALANKAN..

Jawaban yang singkat,namun memberi arti yang begitu luas...

Jumat, 19 September 2014

PERCAYA DIRI

Menumbuhkan rasa percaya diri memang gampang-gampang susah..Tapi anda tidak memulai rasa percaya diri dari sekarang,mungkin anda akan semakin tertinggal.


Percaya diri meliputi berbagai hal,misal nih...sekarang kan lagi rame_nya film-film anak muda yang pemain or artisnya cantik-cantik & ganteng-ganteng..secara ga sadar kita udah terhipnotis dan terobsesi pengen seperti mereka (padahal muka kita pas-pasan)..Sehingga muncullah rada minder.

Sadar ga gara-gara banyak film kayak gitu udah banyak bikin kita2 gak PD..misal aja sekarang banyak cewek-cewek yang demen'a ama cowo yang muka'a baby face...akhir'a banyak cowok gak laku deh,alias jomblo and minder..

Padahal buat deket ama seseorang yang terpenting bukan penampilan,melainkan sampai dimana kita bisa membuat seseorang merasa nyaman,aman/apalah saat dekat dengan kita..


Lain lagi kalo mau usaha..
Banyak juga anak muda yang ingin mulai berwirausaha,tapi banyak juga yang gengsi..

Padahal untuk memulai usaha emang dimulai dari bawah biar kita tau seluk beluk usaha yang kita jalani.
Biar menjadi motivasi dan untuk menumbuhkan rasa percaya diri,coba lihat sekeliling kita,lihat,dengar tentang mereka yang sukses.Mereka yang tadinya jualan dengan cara dipikul,hingga akhirnya bisa membuka toko,dan akhirnya bisa menjadi distributor besar.Jadikanlah mereka sebagai inspirasi kita demi mencapai tujuan kita yang lebih baik.

Yakinlah pada diri kita sendiri,jangan dengar orang lain..
Ubah cara bertanya kita ;
KENAPA->BAGAIMANA
kenapa saya tidak bisa ?
Tapi Ubahlah dengan ;
Bagaimana saya bisa ....

Jadi mulailah percaya diri..

Jumat, 12 September 2014

HUTANG baik apa BURUK ? solusi terakhir dapat pinjaman

Hai sob..ayo kita gali terus potensi diri untuk menjadi lebih baik/berguna,,baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

 Oke kita lanjut....

 HUTANG->selalu menjadi masalah utama kebanyakan orang.Karna apa?karna di zaman sekarang ada istilah ga punya hutang gak bakalan hidup.. Jadi 'hutang' itu baik apa buruk siii ?

 Hutang dibagi menjadi 2 (dua) bagian ;

 1.Hutang Buruk
 2.Hutang Baik


 Hutang Buruk ; Hutang yang dipakai konsumtif Hutang Baik ; Hutang yang digunakan untuk investasi/sesuatu yang menghasilkan.

 Jadi Hutang tidak selalu buruk.Semua kembali pada si penghutang itu sendiri.
 Jadi sudah jelas Hutang yang tujuannya konsumtif sangatlah merugikan,untuk itu hindari Hutang ini.

 Lalu bagaimana untuk dapat meminjam uang selain pada sodara,teman,istri?
Solusinya berhutang ke bank? Banyak yang takut berhutang ke bank dengan berbagai alasan.Padahal bank merupakan satu-satunya yang gencar kesana kemari mencari peminjam.Karna tanpa peminjam mustahil bank bertahan.

Bank bisa anda jadikan teman usaha.Dengan meminjam ke bank maka usaha anda akan terlindungi.Katakanlah anda meminjam dana sekian untuk modal membuat pabrik,maka anda bisa memasukan pabrik anda pada asuransi yang ada pada bank tersebut.Sehingga jika terjadi musibah seperti kebakaran,banjir,dan atau bencana alam lainnya,maka anda akan terlindungi.

 Rahasia yang harus anda tahu adalah bank merupakan investor utama orang-orang kaya.

Hmmmm...benergak siii?

 Yupz benar...jadi bukan cuma orang miskin yang berhutang. Banyak orang kaya yang menjadi lebih kaya melalui hutang di bank..
Tentunya hutang mereka ditujukan untuk hal yang fositif.Seperti membuka usaha/investasi di properti (hutang baik).

 Pada intinya hutang apapun itu akan menjadi beban jika tujuannya untuk konsumtif. Tapi hutang yang digunakan untuk sesuatu yang menghasilkan itu jauh lebih baik.

 So...mari gunakan hutang kita pada hal yang baik.Agar hutang bukan menjadi beban,tapi malah menjadi teman baik yang membawa pada kesejahteraan.


Selasa, 09 September 2014

PELUANG USAHA MURAH

Peluang usaha murah banyak di cari oleh mereka yang mulai melirik keuntungan dari berwirausaha.tak heran banyak dari kalangan karyawan yang lebih memilih berwirausaha.

Nah..kali ini kita akan bahas apa saja peluang usaha murah/modal kecil tapi memberi keuntungan yang lumayan. 

1.PELUANG USAHA JUALAN GORENGAN

 Banyak diantara kita yang meremehkan peluang usaha ini.padahal jika kita telisik lebih jauh,peluang usaha ini mampu memberi keuntungan yang besar.tapi tentu dengan cara pemasaran yang tepat. Apa saja sih yang diperlukan untuk memulai usaha ini ?yang anda perlukan/modal utama yakni gerobak,wajan,,kompor,tempat memasak /menaruh wajan(dapat dibuat di tukang las),serokan.dan bahan-bahan untuk pembuatan gorengan seperti;sayur+minyak goreng+bumbu-bumbu.
Tentu membuat gorengan tidaklah sulit.apalgi jika anda sudah mempunyai istri,tinggal kerjasama dehh.. :) ..ingat kunci sukses dalam berjualan adalah ; rasa yang enak,harga terjangkau,lokasi strategis..apalgi jika anda mampu membuat inovasi lain dalam pengolahannya.

 2.PELUANG USAHA BAJU MURAH

 Nah..anda mungkin sering melihat ada bazar/pasar malam yang diadakan di daerah anda...murah bukan??? Lalu kenapa tidak anda coba saja peluang usaha ini?

Salah satu yang banyak menjadi alasan adalah sudah banyak penjual baju murah..Haruskah menjadi alasan?
Bagaimana menurut anda mereka yang berjualan di bazar/dipasar,dimana pedagang baju berjejeran?apakah mengalami kerugian?tentu tidak.
Lalu apa rahasianya?simpel saja..sebenarnya bukan rahasia,melainkan pakaian sudah merupakan kebutuhan pokok.namun tentu bukan hanya itu alasannya.Harga yang anda jual berbeda rp.500 saja masayarakat akan memilih produk anda..pintar-pintarlah dalam memilih produk yang akan anda jual.artinya pilihlah model pakaian yang banyak disukai/pakaian yang sedang trendi.misal sekarang sedang rame-ramenya grup band/pemilu,tentu ini menjadi kesempatan bagi kita..

 3.PELUANG USAHA KEMITRAAN

 Sudah banyak sekali program kemitraan yang beredar di indonesia.dari kemitraan yang harganya woow....samapai kemitraan yang dikhususkan bagi pemilik modal yang terbatas. Nah bagi anda yang bingung/tidak memiliki keahlian membuat produk tentunya tidak akan dipusingkan lagi dengan hal itu jika anda bergabung dalam program kemitraan. ;)

 4.PELUANG USAHA RESELLER

 Peluang usaha ini hampir tidak membutuhkan modal.modal satu-satunya adalh usaha kerja keras anda.banyak orang yang sukses dari bisnis ini..

Lalu bagaimana agar bisnis ini berjalan lancar?ini dia tips nya ;

Rajin menawarkan produk.ini syarat utama reseller. Jika anda cukup modal lakukan ini :

Putarlah uang anda.contoh,anda punya uang rp.1.000.000..teman anda mau membeli barang dari anda.Misal barang yang anda jual harga sepatu rp.200.000 potongan reseller 40% jadi harga sepatu sebenarnya rp.120.000,keuntungan anda rp.80.000.tapi teman anda tidak punya uang,sedang dia menawarkan rp.300.000 untuk sepatu itu dengan cara di cicil..woow bukankah itu fantastis?anda sudah mendapatkan keuntungan 2×.
1.keuntungan reseller 40%=rp.80.000.
2.keuntungan cicilan rp.100.000.. Itu salah satu jurus bisnis reseller.. Jurus lainnya berikan potongan harga.misal bonus reseller 40%,berikan 10% untuk pembeli.dengan begitu pembeli akan lebih tertarik.Atau anda beri gratis ongkos kirim,hitungannya msih sama brooo...

Selamat mencoba :)

Sabtu, 30 Agustus 2014

LANGKAH WIRAUSAHA

Langkah-langkah memulai usaha,dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Memang sudah tak asing lagi di indonesia.banyak wirausaha baru bermunculan.dari yang tadinya karyawan,dari yang tadinya hobi namun menjadi bisnis menjanjikan.

Bagi anda yang hendak memulai usaha dalam bidang apapun,tentunya ada langkah-langkahnya.
Langkah pertama :

-TENTUKAN PRODUK

 produk apa yang hendak anda jual?
 Tentukan produk dan fokus pada penjualan.

-RISET PASAR

Harus anda lakukan.untuk mengetahui harga pasaran produk yang anda jual.ini adalah syarat wajib.sebagai contoh ; si andi menjual 1kg beras rp.10.000,sedangkan harga pasaran_nya adalah rp.8.500.tentu si andi akan sulit melakukan penjualan karna harga beras yang dijual sangat mahal dari harga pasaran_nya.
Anda sudah mengerti?
Jadi RISET PASAR wajib anda lakukan.perbedaan rp.500 saja sangat mempengaruhi  persaingan.

-TENTUKAN LOKASI

 Setelah anda menentukan produk yang akan di jual,dan riset pasar telah anda lakukan.selanjutnya anda tentukan lokasi penjualan.pilih lokasi yang menurut anda strategis/mudah dijangkau dan banyak pengunjung.

-PROMOSI

Setelah tahapan-tahapan diatas selesai anda lakukan,maka langkah selanjutnya promosikan usaha anda.
Sekarang sudah banyak media-media promosi untuk bisnis,tinggal anda pilih manakah yang menurut anda lebih bagus.
Promosikan terlebih dulu pada kerabat/tetangga anda.
Banyak yang keliru bahwa terkadang orang terdekatlah yang membawa usaha kita dikenal luas.

Nah itulah informasi yang bisa saya berikan. :)
Tapi selalu ingat yaaa..dalam persaingan para wirausaha harus selalu melakukan riset pasar untuk mengetahui perkembangan harga dan ataupun produk apa yang sedang booming..

Sekian...sampai ketemu di blog berikutnya..