Kamis, 13 November 2014

kehilanganku

Waktu kecil ku terbiasa mendengar kicauan burung yang hinggap di dahan pepohonan di depan rumah.

Waktu kecilku seakan cerita di dalam buku bergambar,,kamu pernah lihat burung jalak hinggap di punggung kerbau di dalam buku?apakah kamu pernah lihat secara langsung?

Kulihat burung itu,ku lihat air mengalir jernih di selokan-selokan,ku lihat bukit-bukit dan gunung nan hijau.
Tapi sekarang,semua mengikuti perkembangan.Hingga semua hampir hilang,tidak ada lagi keindahan seperti dulu.
Apakah anak cucuku akan melihat semua itu?akankah mereka masih merasakan sejuknya udara?
Akankah mereka mendengar suara burung yang berkicau riang di depan rumah dan bebas berterbangan?
Akankah mereka masih merasakan air bersih yang mengaalir dari gunung-gunung?bukan air yang dibeli didalam kemasan?
Akankah mereka masih melihat bukit-bukit hijau?
Akankah mereka tau hewan-hewan yang hidup berdampingan dengan manusia?bukan hewan-hewan yang dikenalkan melalui gambar,padahal hewan itu telah punah?
Akankah mereka masih menjungjung gotong royong?

Sungguh,kemajuan alam ini membuatku rindu akan masa dan keindahan tempo dulu.Saat itu air bersih masih bisa ku minum gratis.Aku bisa ambil air ber_ember-ember,hingga gentong air di rumahku penuh.Tapi kini ini untuk segelas air putih pun aku harus membayarnya.


Oh tuhanku,kemana burung-burung itu?
Kemana air yang mengalir jernih itu?
Kemana hutan itu?
Kemana pepohonan yang dulu tempat ku berteduh disaat ku bermain dengan teman2?
Kemana sungai tempat dulu kami mandi,mencuci,menangkap ikan?


Oh tuhanku,kini semua tinggal cerita...

Senin, 10 November 2014

yuk masuk...

-Yang mempunyai rencana usaha tapi terkendala modal
-Yang punya usaha butuh rekan buat pemasaran
Silahkan diisi kolom komentar,semoga bisa menemukan partner usaha anda :))
Tetap waspada dengan segala penipuan !!!!

Minggu, 09 November 2014

cerita pribadi memulai usaha tanpa modal

Jika mendengar usaha tanpa modal pasti langsung girang :)))
Ya pasti lah..orang tanpa modal masa g girang :))).
Seperti biasa,tiada usaha tanpa MODAL,modal disini bukan uang,karna uang bisa didapat dari mana saja.Tapi MODAL yang harus anda punya adalah keberanian,pantang menyerah,dan mau susah.

Seperti apa yang saya lakukan sendiri,yaitu memulai usaha tanpa modal dan tanpa meninggalkan pekerjaan saya sebagai seorang karyawan.

Kok bisa..ya pasti bisa,asalll,,,kita bisa,mampu mengatur segala sesuatunya.

MODAL saya berasal dari teman-teman.ya..dari teman-teman.iseng-iseng menawarkan investasi bagi hasil,dimana jika teman saya investasi rp.300.000 maka profit yang teman saya dapatkan sebesar 25% (rp.75.000)/bulan dan kelipatan seterusnya.
Ternyata dari iseng-iseng dan setelah menjelaskan usaha apa yang saya jalankan,akhirnya teman-teman saya mau berinvestasi.Tapi investasi saya batasi samapai rp.3.000.000 saja,karna saya menyesuaikan dengan tingkat kemampuan pembagian investasi dan demi menjaga kelancaran pembagian profit.Sedangkan jangka waktu investasi maksimal selama 6(enam) bulan,dan 3 bulan untuk jangka terpendek.
Tapi saya juga menerapkan sistem potongan sebesar nilai profit yang didapat investor  jika investor menarik dana sebelum perjanjian berakhir.

Walaupun baru berjalan hampir 4(empat) bulan ,tapi alhamdulillah sampai saat ini masih terus berjalan.

Dulu saya sama seperti pencari modal lain.saya juga menggunakan media promosi jejaring sosial seperti facebook,g+,kaskus untuk mencari investor.Tapi setelah lama gak juga ketemu hasilnya.Karna saat itu saya masih ragu kalo teman saya mau berinvestasi dan malah menertawakan.Tapi akhirnya saya beranikan melalui teman dekat terlebih dahulu,dan ternyata alhamdulillah,ternyata rezeki gak jauh,emang bener kalau silaturahim selain memper erat tali persaudaraan juga banyak hikmah lainnya :)))

Tapi emang bener lho saya gak meninggalkan pekerjaan saya sebagai karyawan.. :)))

Jadi begini.....
Saya punya rencana usaha sendiri dalam bentuk/bidang penjualan baju anak dan ibu di daerah saya.Berhubung didaerah saya jauh kemana-mana dan harga pakaian di pasar tergolong mahal untuk kalangan masyarakat ,maka saya tercetus gagasan untuk memulai usaha baju murah seperti bazar-bazar/pasar malam yang ada di kota-kota.Tapi gak tiap malam pindah-pindah tempat :)))
Karna konsep'a sewa tempat dan sewaktu waktu ngadain bazar gitu.

Nah untuk pemasaran saya udah ada yang jalanin,yaitu teman saya...waaaah kok berani amat ya saya...???udah modal punya orang,udah gitu mesti ada bagi hasil,belum bayar buat teman sebagai penjual dll.. :))
SATU HAL yang harus kita tanamkan,yaitu;PERENCANAAN YANG BAIK.
Nah untuk semua itu sudah saya lakukan.Agar tidak ada kecurangan saya sudah membuat label/barcode sendiri agar harga sesuai dengan yang kita tentukan.DAN YANG PALING PENTING adalah TARGET PENJUALAN PERHARI wajib/harus diterapkan.Untuk itu sebagai penunjang jika penjualan toko tidak mencukupi maka di adakanlah penjualan keliling/bazar,karna bazar menurut saya strategi yang paling jitu,itu setelah saya sendiri mencoba dan menerapkan jika penghasilan toko tidak memenuhi target..andddd benar saja dengan mengadakan bazar masyarakat lebih tertarik.
Dan alhamdulillah sampai saat ini untuk pembagian profit,gaji penjual,transportasi berjalan lancar.

NB.semua sudah melalui survei kelayakan;tempat dan harga adalah hal yang wajib diutamakan.
Itu sudah perbandingan harga dengan pasar yg berada di daerah sekitar,dan perhitungan lebih murah dengan sistem 'CEBU' (sehari seribu rupiah) melalui tukang kredit baju.

Jadi perhitungan harus sebaik-baiknya jika anda akan memulai usaha apapun.

Sebagai hal keci/contoh yang saya lakukan adalah membandingkan dengan harga tukang kredit baju keliling.Itu agar harga yang kita jual bisa sebanding daripada melalui tukang kredit,,ya walaupun sehari cuma rp.1.000 tapi di × 60 hari=rp.60.000 itu dari harga yang seharusnya cuma rp.15.000.
Dan itu baru dari 1(satu) orang.

Sebenarnya saya juga hanya mendapat 0,(koma) sekian saja dari hasil penjualan.
Tapi alasannya bukan hanya di KEUNTUNGAN saja,tapi;
1.Niat berdagang demi membantu dan memberikan harga yang sewajarnya tentu akan lebih bermanfaat.
2.Karna masih terikat kerjasama,maka saya lebih memprioritaskan pembagian hasil dll.
3.Lebih menuju untuk menarik masyarakat yang mempunyai jiwa wirausaha,karna tujuan saya kedepannya menjadi distributor didaerah saya.

Itulah 3 prinsip yang saya pegang untuk saat ini.Walaupun belum menuai hasil yang banyak tapi insyaallah kedepannya bisa lebih baik.




Jadi USAHA TANPA MODAL memang bisa dilakukan.Tapi disini jika anda mau mengikuti langkah saya yang harus anda lakukan adalah;

1.Tentukan apa yang akan anda jual dan pastikan produk banyak disukai/dibutuhkan.

2.Jika anda sudah punya usaha yang berjalan tentu anda harus mempunyai PLAN yang lebih maju lagi,tapi jika anda baru memulai usaha dan setelah menemukan produk maka selanjutnya pilih tempat yang strategis,tetapkan harga,dan INGAT karna anda masih menggunakan dana orang lain maka anda jangan tergiur menginginkan keuntungan yang besar,tapi fokus dulu pada pembagian hasil dan modal yang harus anda kembalikan diakhir perjanjian.

3.Tentukan dan ketahui kemampuan anda terutama dalam mengolah dana ataupun usaha.

4.Tentukan berapa lama batas maksimal investasi dan jangka terpendek investasi.

5.pastikan memiliki perjanjian hitam diatas putih agar kepercayaan investor terjaga.

6.Harus menentukan target penjualan

7.Buat perencanaan keuangan


8.Wajib menabung dan Buat data simpanan perhari untuk pembagian hasil/profit dan pengembalian modal awal investor.
Sebenarnya masih ada beberapa perencanaan lainnya.Tapi saya kira sampai disini anda sudah bisa mengaturnya sendiri.

Tapi Jika ada yang mau ditanyakan lagi silahkan ajukan di kolom komentar :)




Memang menjual pakaian tak selaris makanan,karna memang persaingan penjualan baju sangat ketat.Berbeda dengan makanan yang pasti selalu dibutuhkan.
Tapi itu hanya berlaku di perkotaan saja,,itu setelah saya sendiri membuktikan.
Berbeda dengan anda yang khsusunya berada di pedesaan yang jauh dengan perkotaan,maka memulai usaha yang satu ini tergolong menggiurkan :)

Take action :)

Maju terus pengusaha muda indonesia

agar hubungan anda & dia terus berjalan baik

ada beberapa cara yang diberikan untuk dapat mengukur kesetiaan atau kecintaan seseorang terhadap pasanganya.
Tapi disini saya akan memberitahu dan bahkan anda mungkin anda sendiri juga telah mengetahuinya,namun terkadang anda malah tetap memendamnya demi membahagiakan pasangan anda.

Terkadang disaat seseoarang yang baru berhubungan lebih mencoba mengikuti apa yang pasangannya sukai.Seseorang yang baru  menjalin sebuah hubungan kebanyakan ingin terlihat sempurna dimata pasangannya.
Memang tidak salah,tapi semua itu ada batasannya.
Misal pasangan anda menyukai warna putih,tentu  anda akan lebih memprioritaskan warna kesukaan pasangan anda daripada warna warna yang anda sukai.
Tapi sekali lagi itu sebenarnya adalah hal yang tidak wajib anda ikuti.Memang terkadang perlu agar pasangan anda termotivasi lebih mencintai anda,tapi ingat jangan semua tunduk atau mengikuti apa yang pasangan anda sukai.

Kebanyakan pasangan yang berakhir dengan perpisahan terjadi karna masalah yang spele.
Apakah masalahnya?

'Masalahnya adalah tidak adanya keterbukaan'

Seseorang yang baru menjalin hubungan cenderung mengikuti emosi,terkadang mereka lebih membanggakan dan lebih percaya pada pasangannya karna selalu mengikuti apa yang pasangannya katakan,padahal hubungan baru seumur jagung.



   Dengan bersikap seadanya tanpa dilebih-lebihkan itu lebih baik.Apalalagi jika anda baru memulai sebuah hubungan.Jangan membiasakan menjadi seperti apa yang pasangan anda inginkan.
Menjadi pribadi sendiri dan bersifat terbuka adalah hal yang wajib anda lakukan,jika dari awal berhubungan keterbukaan sudah diterapkan maka kedepannya tidak ada lagi sesuatu yang dapat membuat pasangan anda merasa kaget,ilfil,dllll..

Jumat, 07 November 2014

gara-gara ban motor

Daripada susah tidur mending corat coret..

Ane mau share pengalaman bagi agan-agan yang pake ban motor merk ternama IRC.
Pesan ane Hati-Hati agan/ti.Soalnya ane udah jadi korban kecelakaan gara-gara tu ban.Tapi yang pasti karna takdir..heehee
Tapi  beneran gan,,ceritanya ane mau berangkat kerja dari tangerang cimone->bintaro.Jam 8.30 ane berangkat,apesnya tepatnya di jalan alam sutra pas ane mau muter arah bintaro ane malah jatoh gan...gupraaak..sakit juga,orang dengkul ama sikut ane lecet-lecet.Apalgi si kuda besi ane,huuh msti kebengkel dah..
Padahal pas ane berangakt kondisi jalan bagus n kondisi juga lagi pelan sekitar kecepatan 38,ya bingung juga kok bisa kegelincir.Pas ane periksa tekanan angin juga oke2 aja tuu..udah deh tu motor ane bawa ke bengkel buat di renov.
Selang 3 hari kejadian aneh timbul.Kok stang kayak goyang-goyang gitu,,padahal baru dibenerin n udh gak ada komplain.Pas ane periksa lebih teliti lagi ternyata ane nemuin masalah stang goyang-goyang gak karuan,ternyata ada benjolan di tengah-tengah ban depan ane.Dan satu lagi,ane nemuin yang bisa dibilang penyebab ane kecelakaan.Ternyata di ban depan ane tepatnya samping timbul benjolan juga,kalo kata orang bengkel tumor ban..heee ada2 z motor tumor.
Ane kira cuma segitu doang benjolannya,eh.....malah terus nambah.padahal NWP ane blm ada setahun n kondisi ban masih bagu.
Disini ane sangat-sanagat kecewa dengan kualitas ban.Meski ane udah ajuin keluhan ke forum yaaa jawabnnya paling gitu-gitu doang ..'rajin periksa ban'...
Sekarang ane tanya ma agan/ti..emang kalo mau pergi naek kendaraan apapun itu sengaja liat-liat ban???ane yakin jawabannya GAK PERNAH...
Makanya ane bikin post ini,kali aja jadi pengalaman n peringatan buat kita semua khususnya pengguna ban IRC.

Bukannya ane mau ngerendahin kualitas orang,tapi yaa emang kenyataannya kualitasnya kurang.Selain ane rugi badan yang lecet-lecet+motor juga,ane mesti ganti tu ban yang padahal masih bagus.
Oya..pas ane di bengkel juga ditunjukin ban merk sama yang ada benjol-benjolnya,padahal masih pada bagus....Tapi ane gak sempet moto tu ban buat bukti..





Sekian...tidur yuk akh..
:)

Bahaya Radiasi

Balik lagi ke blog,kali ini melalui tulisan ini saya ingin mengajak rekan-rekan sekalian agar memahami dan lebih peduli pada diri sendiri dan demi kelangsungan generasi penerus.

Memang sudah tidak dapat di pungkiri lagi jika alat elektronik semisal handphone disadari atau tidak sudah menjadi kebutuhan manusia.
Setiap hari,bangun tidur,dijalan,dikantor,dan dimanapun HP gak pernah ketinggalan.Tapi sayang seiring dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih,kita sebagai manusia terus memuja kecanggihannya tanpa tau dan peduli akan bahayanya.Padahal disamping kemajuan tekhnologi disitu juga terdapat kerusakan alam yang sanagat besar.Dan lebih parah lagi kerusakan tersebut secara langsung menyerang kita manusia sebagai penciptanya.

Silahkan anda hitung sendiri dirumah,ada berapakah alat elektronik yang memiliki radiasi?
Apakah terpikir oleh anda akan akibat buruknya terhadap kesehatan?

Beberapa tahun lalu media telah menyebutkan bahwa RADIASI PONSEL DAPAT MENYEBABKAN TUMOR OTAK dan KANKER.
Tapi sayang,walaupun peringatan itu sudah menyebar tetap saja kita masih mengabaikannya.

Sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya.Memberikan pengetahuan seiring berjalannya tekhnologi agar perkembangan anak bisa mengikutinya.
Tapi sekali lagi itu harus disayangkan dengan kurangnya pengetahuan/bahkan kepedulian dimana para orang tua tidak segan memberikan handphone pada anaknya walaupun usianya masih 6 tahun.

Memang bukan kesalahan orang tua,melainkan tekhnologi yang terus berkembang tanpa disadari terus mendorong kita untuk mengikutinya.
Untuk itu besar akan kesadaran yang harus dimiliki.

Peringatan ini lebih mengarah kepada para orang tua yang senantiasa membiarkan anak-anaknya sejak dini bergelut dengan barang elektronik semisal handphone.
Penggunaan jangka panjang memberikan kerugian yang sangat besar.
Silahkan anda coba 1 minggu tanpa gadget anda dan rasakan perbedaannya.Saya jamin anda akan merasakan perbedaan khususnya pada kondisi tubuh anda.


Oya..sebaiknya jauhkan gadget disaat tidak ada kepentingan dan atau matikan saat hendak tidur.Jangan terbiasa menaruh gadget di dekat kepala.


Minggu, 21 September 2014

Mau usaha tak punya modal..?gunakan daya ungkit

Ketika seseorang hendak menjalankan suatu usaha,hal yang umum dijumpai adalah terkendala dengan modal..

Nah disini mari kita bahas darimana kita bisa mendapat modal/pinjaman modal usaha ;

1.Keluarga
Ketika kita akan menjalankan suatu usaha tentu keluargalah yang pertama kita beri tau.Karna keluarga sangat berpengaruh besar dalam dukungan usaha.
Selain itu,keluarga bisa kita jadikan sebagai donatur/investor kita.

Disaat usaha terkendala modal,keluarga kita terlebih dulu yang harus kita ajak kerjasama,mulai dari ayah/ibu,mertua,soadara kandung,dan istri.

2.Teman
Sbagai mahluk sosialisasi,tentu kita banyak kenalan/teman.Kenapa tidak kita masukan saja teman kedalam usaha yang akan kita jalankan..?(maksudnya dalam daftar investor).
Memang agak sulit mengajak teman melakukan investasi pada kita.Namun disinilah sebenarnya kita diuji dalam melakukan penawaran/negosiasi.
Tentu saja jika dapat dana dari teman perhitungan bagi hasil bisa dijalankan lebih santai.

3.Pinjaman dana Tunai
Mmm..jika kedua cara diatas masih gagal maka kita bisa juga mencoba yang satu ini.Biarpun syara-syarat yang diberikan berupa agunan,tapi sudah banyak yang memberikan bunga yang rendah & tak kalah dari bank.Tapi yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih pinjaman/pendana.

4.Bank

Takut berhadapan dengan bank..?
Atau belum pernah melakukan pinjaman ke bank..?
Maka anda perlu mencobanya..tidak perlu takug meminjam ke bank,sekalipun pinjaman anda di tolak,toh anda tetap diberikan pelayanan yang baik.
Bank memang sulit mengeluarkan dana jika peminjam mempunyai rapor merah.Tapi jika tidak punya y ga usah khawatir.
Bank akan memberikan pinjaman,tapi dengan berbagai penilaian/kelayakan peminjam terlebih dulu.Nah jika memenuhi kelayakan maka anda bisa dapat pinjaman.
Tapi selalu ingat jika anda ingin dipercaya bank,dan ingin menjadikan bank sebagai mitra usaha anda salah satunya adalah bayarlah angsuran tepat waktu.
Karna bank bisa jadi teman & bisa jadi musuh jika anda tidak bijak menjalankan aturannya.



Gunakanlah pinjaman pada usaha yang benar-benar memberi potensi penghasilan yang cukup,setidaknya untuk pengeluaran bagi hasil/angsuran dan modal pembelanjaan barang.
Dalam sebuah usaha,apalagi modal yang didapat hasil dari pinjaman,maka jangan lebih tergiur memiliki untung besar.tapi fokuslah pada pengembalian modal dan pembelian kembali barang,karna sebenarnya jika anda berhasil mengembalikan modal maka anda berhasil membangun usaha tanpa modal,dan lebih untung memiliki usaha yang terus berjalan.

Take action.... :)